Kandidat Kuat Cagub, Baliho Dico Ganinduto Banjiri Jateng

Tim Redaksi

Berita

Baliho Bupati Kendal Dico Ganinduto terpasang di beberapa wilayah di Jawa Tengah. (foto/istimewa)

Baliho hingga billboard yang menampilkan foto Bupati Kendal Dico Ganinduto membanjiri beberapa wilayah di Jawa Tengah.

Hal itu menarik perhatian masyarakat hingga viral di medsos dan digadang-gadang menjadi sosok yang pas menjadi calon Gubernur Jateng.

Pakar Strategic Communication Mass, Tuhu Nugraha menilai munculnya dukungan netizen dan masyarakat, bisa menjadi pertimbangan Golkar untuk mengusung Dico sebagai Cagub Jateng.

“Menurut saya munculnya banyak dukungan media sosial dari netizen serta masyarakat terhadap Dico ini tentunya akan menjadi pertimbangan yang kuat dari kandidat dan juga partai pendukung,” katanya, Minggu (28/4/2024).

Tuhu menilai, saat ini partai politik tengah menyoroti pendapat masyarakat, salah satunya lewat medsos dan popularitas di masyarakat untuk meningkatkan elektabilitas calon yang akan diusung.

“Apalagi sekarang semua partai dan kandidat memonitor persepsi netizen soal elektabilitas calon,” ujarnya.

Sebelumnya, nama Dico muncul sebagai kandidat terkuat dari Partai Golkar dan menempati posisi 5 besar dalam berbagai survei.

Partai Golkar juga mempertimbangkan sosok bupati muda berusia 34 tahun itu, sebagai salah satu kandidat di bursa Pilgub Jateng 2024.

“Beberapa waktu ini muncul sejumlah baliho Dico di beberapa wilayah di Jateng, mulai dari Purworejo, Cilacap, Karanganyar, Blora, Rembang, Kendal, hingga Kabupaten Brebes,” terangnya.

Banyaknya baliho-baliho tersebut dinilai sebagai kode kuat kesediaan Dico mengikuti Pilgub Jateng dalam Pilkada 2024.

Bahkan, sejumlah netizen di media sosial turut membagikan momen dengan narasi #JatengLebihBaik seperti diunggah oleh akun Instagram @cherin_nadhifa_purbho.

Dalam unggahannya, akun tersebut ingin merasakan manfaat pembangunan, sehingga mendoakan agar Dico benar-benar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng.

Dico yang dikenal sebagai sosok bupati yang cukup dekat dengan Wali Kota Solo yang juga Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

“Sebagai Bupati Kendal, Dico menorehkan prestasi dalam pembangunan di Kendal, termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kendal, Perpusda hingga melakukan pembinaan terhadap sejumlah UMKM di Kendal,” katanya.

Sumber: https://rri.co.id/semarang/pemilu/659153/kandidat-kuat-cagub-baliho-dico-ganinduto-banjiri-jateng